Dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi ke Sumatra Barat, Kepala Negara mengunjungi rumah kelahiran Wakil Presiden Pertama RI, Bung Hatta yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta No 37, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi, Sumatra Barat.

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi menilai banyak berbagai filosofi yang terkandung pada setiap ruang di rumah kelahiran Bung Hatta ini. Seperti adanya ruangan khusus bagi para bujangan atau laki-laki yang belum menikah, menurutnya filosofi yang terkandung di dalamnya yaitu tingkat ke disiplinan yang ketat.

Presiden bersama Ibu Negara Iriana Jokowi juga melihat setiap sudut rumah bersama putri Bung Hatta, Meutia Hatta, serta Penjabat Gubernur Sumatera Barat, Reydonnyzar Moenek

Presiden Jokowi berharap, Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta bisa menjadi tempat generasi muda mempelajari nilai-nilai dan filosofi Bung Hatta.”Yang paling penting itu nilai-nilai filosofi yang diberikan beliau, hal-hal yang berkaitan dengan kedisiplinan sangat ketat, kemudian juga cinta pada rakyat kecil,” ungkap Presiden Jokowi kepada wartawan di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi, Sumatra Barat, pada Jum’at (9/10/2015).

Disamping itu Presiden juga mengatakan, akan terus mengembangkan ekonomi kerakyatan dan koperasi yang  merupakan warisan Bung Hatta. Presiden menambahkan, ekonomi kerakyatan dan koperasi sudah menjadi fokus Kabinet Kerja.”Saya kira itu yang menjadi konsen kita, tetapi memang kita harus berani me-reform total cara-cara kita mengembangkan koperasi, mengembangkan usaha mikro, kecil, tapi memang baru diproses,” ujar Jokowi.

Dalam kunjungan ini, Presiden Jokowi menyempatkan diri melihat isi dan dekorasi ruang tidur, ruang tamu, kamar bujang, dapur, kamar mandi dan ruang atas. Usai berkunjung ke Rumah Kelahiran Bung Hatta, Presiden Jokowi dan rombongan akan meninjau penanganan dampak kabut asap di Kampar, Riau.

Selain memantau dampak kabut asap, Presiden Jokowi ingin memastikan kondisi masyarakat terdampak kabut asap yang didampingi oleh Menteri Kesehatan Nila F. Moeluk dan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Desa Marwan Jafar, dan Kepala Staff Kepresidenan Teten Masduki.(mt/gus)

Sumber Foto 1 : http://www.bukittinggi.info/2015/10/presiden-jokowi-kunjungi-rumah.html

Sumber Foto 2 : https://www.m.gosumbar.com/berita/baca/2015/12/17/dari-rumah-kelahiran-bung-hatta-jokowi-serukan-reformasi-total-koperasi

Sumber artikel dan foto 3 – 4 : http://www.minang-terkini.com/2015/10/presiden-jokowi-kunjungi-rumah.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

YouTubehttps://www.youtube.com/channel/UCQmxckfDRvkz05jnZ75uG_Q
Instagramhttps://instagram.com/yayasan_proklamator_bung_hatta?igshid=NzZlODBkYWE4Ng==
https://www.tiktok.com/@bunghatta_ypbh?_t=8gpEe0XvzS4&_r=1Tiktok